Katalog Profil Baja Untuk Konstruksi Kapal

Katalog Profil Baja Untuk Konstruksi Kapal

Ceritanya beberapa waktu lalu saat asistensi Tugas Desain Kapal 2, saya mendapatkan tugas untuk mencari ukuran profil yang ada di pasaran. Tapi nyarinya susah banget, karena rata-rata perusahaan-perusahaan tidak menampilkan data-data yang cukup untuk digunakan sebagai referensi pemilihan profil.


Data yang paling penting selain ukuran profil adalah besarnya modulus profil tersebut. Jujur ketika memilih profil saya sedikit kebingungan karena modulus untuk pembujur alas di kapal yang saya desain cukup besar. Sehingga untuk mencari profil yang pas untuk dipasang di kapal tersebut juga agak susah. 

Kalau tahun-tahun sebelumnya kita masih diperbolehkan menggunakan tabel Anex, tapi kalau nggak salah tabel itu hanya ada di BKI versi 2006 ke bawah. Saya sendiri juga nggak tahu kenapa tabel tersebut sudah tidak digunakan lagi. Tapi kalau mau download nanti saya setakan sekalian link downloadnya.

British Steel - Bulb Flats Brocure
Continental Steel PTE LTD - Poduct Handbook Structural Steel
JFE- Steel Section For Shipbuilding
Hgmetal - Profil Catalog
OneSteel Manufacture - Hot Rolled and Structural Steel Product


Note: Sebenarnya kalau saya amati, memang banyak perusahaan di Indonesia tidak menyertakan data-data yang lengkap (untuk designer). Tapi yang jelas ada standard yang digunkan oleh produsen baja tersebut. Jadi jika kesulitan dalam menentukan profil bisa lihat standard profil yang sudah ada, misalkan ISO, atau JIS (Japanese Industrial Standard).

Untuk mahasiswa teknik perkapalan, jangan malas mengerjakan tugas dan asistensi. Karena satu hari kalian menunda, itu artinya kalian menunda kelulusan. 😊
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: