Review Acer Aspire E5-475G 58WK : Laptop Dengan Harga Terjangkau Untuk Gaming

Review Acer Aspire E5-475G 58WK : Laptop Dengan Harga Terjangkau Untuk Gaming

Gaming memang sebuah kebutuhan tersendiri untuk sebagian orang. Bahkan ada beberapa orang yang rela untuk merogoh kocek yang cukup banyak hanya untuk bisa bermain game dengan nyaman dan menyenangkan.

Tapi ngomongin soal game, memang ada beberapa device yang bisa kita gunakan untuk bermain game. Mulai dari device konvensional seperti Playstation, Android Smartphone, ataupun PC/Notebook memiliki penggemar sendiri-sendiri. Tergantung dari tujuan dari masing-masing ketika bermain game.

Karena saya pribadi lagi gandrung dengan game-game PC seperti Dota 2 dan Grand Thef Auto V (GTA V), so disini saya ingin sedikit mengulas tentang perangkat yang saya gunakan untuk memainkan game tersebut.


Acer E5-475G 58WK

Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu brand kelas menengah yang populer di kategori Notebook/Laptop ini. Sebenarnya saya lebih suka dengan brand Asus tapi setelah membaca beberapa review tentang laptop Acer E5-475G, akhirnya saya memberanikan diri untuk membeli laptop tersebut.

Acer Aspire E5-475G - Img src : Acer Id
Beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum membeli laptop untuk gaming adalah sebagai berikut:

  • CPU/Prosesor (clockspeed-nya)
  • RAM
  • GPU
Ketika hal diatas sangatlah penting karena akan memberikan efek langsung dengan game yang mampu dibuka dengan perangkat yang akan kamu beli.


Spesifikasi Acer E5 475G

Dibawah ini saya akan memberikan spesifikasi secara singkat buat kamu yang emang nyari referensi sebelum membeli laptop gaming dengan harga yang terjangkau.

Processor                        : Intel® Core™ i5-7200U 2.8 GHz
RAM                                : 4GB DDR4
Max RAM                       : 32GB
HDD                                : HDD 1 TB
Grafis (GPU)                   : Nvidia® GeForce® 940MX  2GB DDR5
Wireless LAN Standard : 802.11ac with MU-MIMO
Operating System         : Windows 10 Home / Linux
HDMI                              : Yes
Network (RJ-45)            : Yes
Display Screen Type   : Active Matrix TFT Colour LCD

Dan mengapa saya jatuhkan pilihan ke acer aspire e5 475g ini ketimbang kompetitornya yaitu Asus A456UR yang memiliki spesifikasi hampir sama?

Pertama, karena Acer Aspire E5 475g ini sudah menggunakan GPU Nvidia GT 940 mx DDR5 2Gb dedicated, sedangkan Asus A456UR masih menggunakan GPU Nvdia GT 930mx DDR3 2Gb dedicated. Sudah jelas, disini Acer Aspire E5 475g menang selangkah dalam hal GPU yang digunakan ketimbang Asus.

Alasan yang kedua, untuk upgrade (jika memang diperlukan). Acer Aspire E5 475g ini sudah mendukung slot M2 yang bisa kita gunakan untuk menambahkan SSD ke laptop kita. Untuk slot RAM, baik Asus A456UR maupun Acer Aspire E5 475g ini sudah bisa ditambahkan dengan RAM yang pastinya harus DDR4 ya guys.

Gaming Test

Ya emang pertama kali setelah saya membawa pulang laptop Acer Aspire E5 475g ini adalah ingin mencoba game yang biasa saya mainkan yaitu DotA 2. Untuk game DotA 2 menurut saya sangat playable sekali karena dengan setingan high pun masih bisa berjalan dengan lancar di laptop Acer Aspire E5 475g ini,

Dota 2 settingan ultra

Karena saya sendiri sangat penasaran dengan kemampuan laptop ini untuk digunakan bermain Dota 2, maka disini saya akan menunjukkan FPS yang didapatkan saat bermain dota.


Dibawah merupakan screenshot demo hero menggunakan "Invoker", pengaturannya saya menggunakan free spells jadi bisa mengeluarkan banyak sekali meteor tanpa cooldown. Seharusnya memang FPS nya akan drop, tapi dengan menggunakan Acer Aspire 475g ini kita masih mendapatkan fps sebesar 35-an. Jadi masih bagus lah.


Kalau yang di bawah ini adalah FPS ketika idle/tidak melakukan apa-apa. Jadi fps nya berada pada kisaran 70an. Jadi walaupun kita bermain dengan settingan ultra di laptop ini masih bisa banget untuk berjalan dengan lancar.


Grand Theft Auto V

Sebelumnya saya tidak percaya kalau game ini adalah game yang teramat berat. Tapi setelah saya download di steam ternyata ukurannya 68 Gb, saya jadi sangsi apakah laptop ini kuat menjalankan Grand Theft Auto V. 😭

Tapi mau apa lagi, game udah terlanjur kebeli karena waktu itu sedang ada diskon 50%, jadi dari harga yang semula sekitar 540 ribuan, saya dapat dengan harga sekitar 270 ribuan. Lumayan lah, toh yang saya pakai untuk membeli adalah balance dari steam wallet saya yang saat itu kebetulan masih cukup untuk membeli game GTA V.

Kalau melihat system requirements GTA V seharusnya dengan RAM 4 Gb sudah cukup untuk bisa menjalankan game ini. Tapi kenyataanya saat kita memainkan dengan laptop Acer E5 475g ini di dalam game masih lag parah.

Sumpah kalau mempertahankan RAM 4 Gb, kamu ga bakalan mendapatkan pengalaman bermain game ini dengan nyaman walaupun sudah disetting normal semua.

Recomended : Upgrade RAM ke 8 Gb agar bisa bermain GTA V.

Agak susah memang mencari RAM DDR4 di pasaran, kayaknya belum semua toko aksesoris komputer sudah menyediakan RAM ini. Tapi kemarin saya jalan-jalan di Hi Tech Mall Surabaya mendapatkan RAM DDR4 sebesar 4 Gb, harganya 550 ribuan dengan brand Team Elite. Katanya sih garansinya lifetime kalau suatu saat RAM ini tidak bisa terbaca di laptop kita.


Walaupun FPS nya cuma dapat sekitar 35-40an, tapi selagi kita masih menggunakan RAM 8 Gb kita tidak akan menemui lag.

Oh iya, untuk pengaturan grafiknya saya tidak merubah apapun. Pengaturah grafik standard GTA V anda bisa lihat pada pengaturan yang saya gunakan di bawah ini.


Kesimpulannya untuk game berat seperti GTA V ini masih bisa dijalankan dengan catatan kita harus menambah RAM sebesar 4 Gb lagi. Setelah itu game GTA V pun bisa anda mainkan.


Soal Harga Dan Pengalaman Saat Menggunakan

Dipasaran untuk versi core i5 7200, laptop ini masih berada di harga kisaran 7jutaan. Jadi untuk kamu yang punya budget segitu bisa dijadikan salah satu pertimbangan.

Masalah yang biasanya terjadi ketika digunakan untuk bermain game adalah laptop akan terasa panas, terutama dibagian atas touchpad dan exhaust nya. Karena laptop ini tidak memiliki teknologi icecool yang ada di laptop-laptop pabrikan asus.

Untuk battery nya, karena memang kebanyakan laptop jaman sekarang adalah menggunakan batrai tanam, Acer E5 475g ini juga menggunakan battery tanam. Untuk kekuatan battery sendiri saat dipakai untuk bermain game, laptop ini hanya bisa bertahan selama 1 jam saja.

Semoga artikel ini bisa dijadikan untuk pertimbangan ketika sobat ingin membeli sebuah laptop. Dan pesan saya yang terakhir "Be smart buyer!".
Previous Post
Next Post

post written by:

5 komentar:

  1. Kira2 biar batre awet pas dibuat ngegame gimana bro

    BalasHapus
  2. Dilaptopku GTA 5 grafik hight lancar kok. 😂😂

    BalasHapus
  3. Mas kebetulan laptopnya sama dan belum tambah ram. Saya pakai Win 10 Pro, Apa wajar dalam kondisi standby memorynya selalu terpakai > 50% ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu ada beberapa aplikasi yang berjalan di background mas. Soalnya saya sendiri sudah lama ga pake RAM 4gb, jadi ga bisa jelasin. Kalau laptop yang saya pake, buat buka autocad 2018 sama photoshop cs6, excel, chrome, discord barengan memorynya kepake 59% aja. Soalnya ram nya 8 gb.

      Hapus
    2. Bg ram nya yg pc brp ya buat nmbh 4gb lagi ddr4 ? Dan slot ram nya 2 kan?

      Hapus