Minus One Dan Contoh Kegunaannya

Minus One Dan Contoh Kegunaannya


Minus One sebenarnya adalah istilah yang baru saya kenal setelah saya belajar membuat/edit lagu menjadi sebuah lagu karaoke. Berarti Minus One itu ada hubungannya dengan karaoke? Jika kalian pergi ke karaoke dan menyanyikan sebuah lagu, jelas lagu tersebut merupakan sebuah track Minus One. Dimana, yang di hilangkan dari track adalah bagian vocalnya. 

Jadi Minus One adalah sebuah track yang salah satu komponen instrumennya dihilangkan sesuai dengan kebutuhan. Komponen dari sebuah musik sendiri biasanya terdiri dari : Bass, Vocal, Drum, dsb. Nah, jika kita menghilangkan salah satu dari komponen tersebut, misalnya pada vocalnya yang kita hilangkan, track tersebut sudah bisa kita sebut sebagai track Minus One, yaitu pada bagian vocalnya.

Jadi sebuah track karaoke juga termasuk track Minus One? Iya benar, karena pada sebuah lagu karaoke komponen vocal dihilangkan sehingga kita bisa bernyanyi atau membuat sebuah cover dengan suara kita sendiri.

Apa Kegunaan Track Minus One?

Seperti yang sudah saya contohkan sebelumnya, kegunaannya adalah untuk mengisi lagi komponen yang sudah kita hilangkan. Tidak hanya vocalnya saja yang bisa kita isi lagi, jika kalian adalah pemain drum, maka kalian juga bisa menghilangkan komponen drum pada sebuah instrumen musik kemudian kalian isi dengan suara drum yang kalian hasilkan sendiri.

Jadi menurut saya kegunaan utama dari track minus one adalah untuk membuat sebuah cover, baik itu pada vocal, bass, drum atau komponen lainnya. Jadi kita bisa membuat drum cover, bass cover, atau sekedar ingin membuat sebuah musik menjadi track karaoke. 

Bagaimana Cara Membuat Audio Menjadi Minus One?

Menurut saya, cara yang paling mudah kita gunakan untuk membuat audio/lagu menjadi minus one adalah menggunakan separator. Salah satu separator yang bisa kita gunakan tanpa aplikasi adalah mvsep.com . Yang kita butuhkan hanyalah browser dan komputer yang terkoneksi dengan internet.


Setelah kita mengakses situs tersebut, hal yang harus kita lakukan adalah mengunggah file audio yang ingin kita pisahkan elemen musiknya. Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan memisahkan antara vokal dan juga instrumen.


Gambar diatas adalah menu yang bisa kita pilih ketika ingin memisahkan instrumen musik. Saya sendiri lebih suka menggunakan Demucs4 HT , Karena hasil vokal yang dipisahkan bisa dibilang lebih bagus ketimbang separator yang lainnya. 

Setelah itu, jangan lupa centang Captcha box nya lalu klik Separate. Tunggu beberapa menit, intrumen musik/lagu yang kita upload sudah terbagi menjadi beberapa bagian. 
Latest
Next Post

post written by:

0 Comments: