Rencana Pindah Hosting Karena Sering Down (Pengalaman Di Onecloudy)

Rencana Pindah Hosting Karena Sering Down (Pengalaman Di Onecloudy)

Setiap orang yang mengelola blog pasti pengen blog mereka bisa dibaca semua orang kapan saja dan dimana saja. Tapi bagaimana kalau blog tersebut sering down?

Ini adalah sedikit cerita (lagi) bahwa hosting yang berkualitas bagus itu sangat dibutuhkan ketika mengelola blog.


Tadi waktu lagi nulis di blog ane yang satu, tiba-tiba saja saat ane klik previewnya ada pesan eror 503. Entah apa lagi itu, soalnya saya baru pertama kali ane dapet pesan seperti itu. Namun setelah tidak sengaja membuka inbox di Gmail, saya mendapatkan surat cinta dari Jetpack bahwa situs saya sedang down.

Selang beberapa menit, saya mendapat email lagi bahwa situs saya sudah online lagi. Tapi setelah saya akses tetap saja tidak bisa dibuka. What's wrong with my blog?

Bukannya su'udzon tapi pikiran saya langsung menuju pada provider hosting yang saya gunakan. Memang kebetulan saya menggunakan hosting yang super murah, yaitu $2 USD per 3 tahun.

Karena supportnya tidak online, akhirnya saya mengirim tiket. Tapi ya mungkin yang mengirim tiket bukan cuma saya saja. Jadi ya lama sekali balasnya, bahkan tidak terbalas sampai CS nya online. Jadi saya memilih untuk meminta bantuan CS nya saja.

Opsi Yang Ditawarkan

Dengan kemampuan berbahasa inggris yang pas-pasan saya coba berbicara dengan CS nya. Kemudian saya ditawari opsi untuk masalah di blog saya tersebut. Opsinya yaitu server dari hosting saya akan dipindah.

Saya jadi bingung, apalagi saat ini saya menggunakan Cloudflare dan nameserver yang saya gunakan adalah nameserver yang diberi oleh cloudflare. Jadi jika nameserver saya berubah berarti saya harus mematikan layanan cloudflare terlebih dahulu atau seperti apa?

Karena saya masih bingung, akhirnya saya ikuti aja CS nya untuk merubah nameserver dari registar domain yang saya gunakan. Kemudian CS nya bilang akan menghubungi saya lagi melalui email jika masalah selesai.

Saya sih positive thingking saja, sambil nunggu dari CS tersebut menyelesaikan masalah.


Dan alhamdulillah setelah sekian lama tertidur akhirnya blog saya bisa diakses kembali. "Alhamdulillah" 😔

Apa yang dilakukan oleh OneCloudy kepada hosting yang saya sewa?

Ceritanya masih belum selesai karena saya masih punya tiket yang belum dijawab dan juga janji CS yang akan mengirimkan email jika masalah yang saya hadapi sudah terselesaikan.

Akhirnya email yang ane tunggu datang, ternyata email tersebut berisi pemberitahuan cPanel Migration dari layanan hosting yang saya pakai.

Kapan Pindah Hosting

Apa saya akan pindah hosting? Tentunya iya. Tapi masih menunggu ada uang yang lebih untuk menyewa webhosting selama satu tahun.

Mungkin dalam waktu dekat ini saya akan segera migrasi ke provider lokal atau ke provider luar jika saldo paypal saya sudah mencukupi untuk membayar sewa hosting selama satu tahun.

Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Masalah Ini

Saya mencoba untuk selalu berfikir positif untuk menghadapi segala masalah yang datang, termasuk masalah hosting yang saya gunakan. Saya percaya bahwa semua masalah itu ada pelajaran yang bisa kita ambil.

Pentingnya Support. Orang pertama dan yang memang harus ketika hubungi ketika terjadi masalah dengan situs kita adalah tim support hosting kita. Jadi memang sangat penting sekali menggunakan hosting yang memiliki support yang online 24 jam.

Ingat, masalah seperti ini bisa datang kapan saja. Apa kita harus menunggu mereka online terlebih dahulu untuk menyelesaikan masalah? Bagaimana dengan visitor blog kita?

Backup Backup! Satu hal yang perlu anda ingat, jikalau tiba-tiba penyedia provider hosting anda tidak mau bertanggung jawab atas masalah yang anda alami lantas bagaimana agar anda tidak kehilangan apa yang sudah susah payah anda buat, yang susah payah anda tulis?

Yang bisa membantu anda adalah file backup yang pernah anda simpan di PC atau di penyimpanan file online. Itu satu-satunya harapan blog anda bisa kembali lagi. Walaupun pilihan terakhir anda harus pindah layanan hosting.

Dan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah "jangan meremehkan hal kecil, karena itu akan menjadi sebuah masalah besar kedepannya".
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: