Cara Mendapatkan Untung Dari Jual Beli Item Di Steam Community Market

Cara Mendapatkan Untung Dari Jual Beli Item Di Steam Community Market

Apa kamu gamers sejati? Saya rasa kamu masih belum bisa disebut gamer sejati jika belum pernah maen game yang ada di steam. Beberapa game populer yang ada di steam adalah: Dota 2, CS:GO, GTA, dan masih banyak lagi.


Satu hal yang perlu diketahui dari steam, adalah Steam Community Market. Tempat dimana kita bisa jual beli item-item game yang ada di Steam.

Saya sangat tertarik pada steam community market karena satu hal, disana harganya lebih murah ketika dibandingkan jika kita beli item di dalam game. 

Sebagai contoh saja nih ya, karena saya pemain (pernah) dota 2, kalau saya beli salah satu set milik Phantom Lancer (Arms of the Bramble Lord Set) di dota 2 store harganya $3.99 USD tapi di Steam Community Market Harganya cuma $0,14 USD.


Bisa kebayang kan selisihnya berapa kalau kita konversikan mata uang tersebut ke dalam rupiah?

Tapi kita tidak akan berbicara mengenai selisih harga di dota 2 store dan Steam Community Market. Tapi disini saya akan coba membuka ide bagus untuk jual beli item-item di steam.

Cara Dapat Untung Di Steam Community Market

Perlu digaris bawahi bahwa tidak ada standart harga di steam community market. Karena disana setiap penjual berhak menentukan harga item yang mereka miliki masing-masing. Karena di pasar seperti ini, demokrasi sangat dijunjung tinggi.

Yang jelas, harga item di steam bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Jadi kita bisa mengambil keuntungan dengan adanya perubahan harga ini. Perubahan harganya juga bervariasi tergantung dari harga item tersebut dan juga kelangkaan item tersebut.


Diatas adalah grafik salah satu harga satu set item dari hero Phantom Assasins (Dragonterror). Kalau membaca grafik tersebut, item tersebut bisa berubah harga mulai dari 15 ribu sampai 22 ribu.

Nah dari selisih harga tersebut, kita bisa mengambil untung dari penjualan item yang kita lakukan.

Oh iya, karena tidak semua akun steam bisa melakukan jual beli di Steam Community market kamu harus membuka status limited akun terlebih dahulu guys. Caranya bisa dibaca di artikel berikut : Agar bisa jual beli di Steam Community Market.

Ingat Hitung Juga Pajak!

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pajak yang dikenakan oleh steam dan juga dota 2 saat kita bertransaksi di steam community market. Jadi usahakan harga setelah pajak dari item yang kamu jual lebih tinggi dari harga beli item kamu ya guys.

Besar pajak dari steam adalah 5% sedangkan dari dota 2 adalah 10%. Jadi total pajak yang harus kita bayarkan ketika membeli item di Steam Community Market adalah sebesar 15%.

Tunggu 7 Hari

Hal lain yang perlu diketahui adalah ketika membeli item di Steam Community Market kita harus menunggu selama 7 hari untuk bisa menjualnya kembali di Steam Community Market ataupun menjualnya dengan sistem trade antar akun.

Ingat Hukum Ekonomi

Disini memang saya tidak mau mengajari mengenai ilmu ekonomi kepada kamu, tapi yang saya tahu hukum ekonomi itu berbunyi "jika permintaan barang banyak, dan stok barang sedikit maka harga barang akan cenderung naik" dan kebalikannya. 😁

Jadi prediksi sendiri mana barang yang bakalan naik dan mana barang yang bakalan turun ya guys. Jangan sampai kamu udah borong satu barang eh satu minggu berikutnya harga barang tersebut turun. Bukan untung malah jadinya rugi.

Warga US

Jangan sampai kamu isi biodata kamu sebagai warga US guys! Karena di steam kalau kamu adalah warga US setelah menjual 200 item kamu bakalan dikenai pajak. Kamu wajib memberikan dokumen wajib pajak kepada pihak steam, kalau tidak kamu tidak bisa menjual item lagi di Steam.

Gunakan Steam Inventory Helper

Salah satu tools dan mungkin satu-satunya tools yang sangat membantu banget nih guys. Steam Inventory Helper ini adalah Google Chrome Extension yang bisa membantu kita untuk membookmark item-item yang profitable (menurut kita). Jadi kita bisa cek harganya langsung tanpa membuka halaman item tersebut.

Selain fitur tersebut ada juga fitur-fitur yang lainnya, jadi cobain sendiri ya guys. Nggak nyesel kok kalau kamu memang berniat jual beli item di Steam.


Untungnya Berapa Sih?

Kalau ngomong untungnya berapa, ya nggak banyak sih soalnya kena pajak juga. Tapi kalau transaksi kita dalam kuantitas yang besar maka untung akan menjadi besar pula. Bukankah kita mengenal pepatah yang bunyinya "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit?"

Ya ini mungkin bisa dilihat keuntungan yang saya dapatkan untuk satu item yang saya beli di steam community market.


Diatas adalah harga nett (sudah dipotong pajak) saat saya menjual salah satu item yang saya beli sebelumnya.

Yang ini adalah saat saya membeli item tersebut.

Jadi memang tidak banyak keuntungan yang didapatkan, tapi daripada saldo steam saya nganggur ya mending saya putar. Anggap saja iseng-iseng berhadiah. Jika kamu tertarik, bisa dicoba dan mungkin keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih besar dari yang saya dapatkan. Tergantung amal, ibadah, ketekunan dan kesabaran.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: