Hosting Murah $10/Tahun + Let's Encrypt (Free SSL)

Hosting Murah $10/Tahun + Let's Encrypt (Free SSL)

Baru saja kemarin merasa senang dapat domain .com dengan harga hanya $1.99 USD, hari ini saya malah dibuat bingung mau dihosting dimana domain tersebut.

Padahal domain yang lama sudah minta pindah karena sering down, ditambah satu domain lagi yang belum punya rumah.

Akhirnya saya memutuskan untuk memindah hosting dari domain yang lama ke Wordpress Hosting dari Rumahweb. Saya memang sengaja memilih periode pembayaran bulanan agar biayanya tidak terlalu memberatkan kantong.

Untuk hosting yang baru, saya coba browsing-browsing di mbah google untuk mencari hosting gratis untuk sekedar parkir saja.

Pertama, saya coba buat akun gratis di freehosting.host, setelah saya arahkan namesevers dari domain saya ke nameservernya freehosting.host, ternyata saya tunggu selama hampir 1x24 jam saat saya buka domain tersebut masih ada pesan dns error.

Namun setelah saya kembalikan ke nameserver defaultnya dotster, tidak ada masalah. Saya jadi ragu apa benar freehosting.host itu memberikan hosting gratis atau tidak. Tapi tak apa lah, namanya juga gratis terserah mereka mau ngasih layanan kaya apa. Saya mah tak bisa protes.

Nemuin Asurahosting

Karena ada sedikit rasa kecewa dan takut di php dengan hosting berlabel gratis, maka saya memutuskan untuk mencari hosting yang murah saja.


Akhirnya saya menemukan Asurahosting yang (sepertinya) bagus kalau dilihat dari spesifikasi dan harga dikelasnya. Dengan membayar hanya $1 USD per bulan kita mendapatkan 5 Gb SSD storage dan unlimited bandwidth.

Yang membuat saya tertarik sebenarnya bukan karena unlimited bandwidth nya, tapi karena di asurahosting sudah support Let's Encrypt. Jadi saya tidak perlu lagi membeli sertifikat SSL tambahan untuk menggunakan protokol https.

Di waktu yang sama sebenarnya GoDaddy juga menawarkan paket managed wordpress hosting + gratis domain di tahun pertama hanya $1 USD per bulan, dan Namecheap juga memberikan paket Starter Hosting dengan harga yang sama, namun karena mereka tidak support Let's Encrypt maka saya tidak memilih mereka. Apalagi saya tahu bahwa saya tidak akan kuat membayar perpanjangan yang biayanya berkali-kali lipat lebih mahal dari harga di tahun pertama.

Metode Pembayaran Menggunakan Paypal

Memang saat ini modal saya yang tersisa hanya yang masih nyangkut di rekening paypal. Untuk yang di rekening bank lokal, saldonya sudah amblas entah kemana.

Sebenarnya sebelumnya mau beli paket hosting promo yang diberikan oleh rumahweb, tapi saya lebih tertarik untuk mencoba wordpress hostingnya.

Setidaknya dengan mencoba saya bisa mengatakan bahwa hosting di onecloudy itu sangat tidak memuaskan. Satu hari bisa down lebih dari satu kali. Bahkan sekali down pernah sampai 8 jam. Bayangkan dengan paket hosting seperti itu apakah blog yang kita kelola bisa maju?

Memang sih, kita harus percaya "ada harga ada rupa". Tapi saya masih yakin ada laut yang masih belum terjamah manusia yang menyimpan harta yang tak ternilai harganya.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: